Burung jalak yang hinggap di tubuh kerbau merupakan bentuk simbiosis

Teman kita, Linda kumala mengirim pertanyaan baru di Blajar.web.id.

Pertanyaannya adalah: Burung jalak yang hinggap di tubuh kerbau merupakan bentuk simbiosis

Jenis simbiosis antar kerbau dan buruk jalak adalah simbiosis

Jenis simbiosis antar kerbau dan buruk jalak adalah simbiosis mutualisme. Simbiosis mutualisme adalah interaksi antar makhluk hidup yang menguntungkan kedua bela pihak.

Jenis simbiosis antar kerbau dan buruk jalak adalah simbiosis

Simbiosis Mutualisme. Ini merupakan jenis simbiosis yang kedua pihak untung dan tidak ada yang dirugikan.Burung jalak memakan kutu kutu yang ada pada tubuh kerbau dan kerbau pun diuntungkan dengan kutunya yang hilang dan lebih merasa nyaman dan tidak perlu bersusah payah untuk menghilangkan kutu kutu tersebut.Simbiosis mutulialisme adalah satu dari beberapa jenis simbiosis makhluk hidup yang terjadi dalam ekosistem.
Simbiosis Antara Kerbau dan Burung Jalak

Simbiosis yang terjadi diantara kedua jenis hewan yang berbeda ini adalah simbiosis mutualisme. Kedua pihak diuntungkan dengan interaksi keduanya.

Disatu sisi, burung jalak diuntungkan dengan mendapatkan makanan berupa kutu kutu yang ada di tubuh kerbau. Kutu kutu tersebut jumlahnya tidak sedikit dan mampu membuat kenyang beberapa burung jalak.

Disisi lain, Kerbau diuntungkan dengan terbantukan menghilangkan kutu kutu yang menganggu pada tubuhnya. Dengan begitu, kerbau hidup lebih nyaman dan tidak perlu menghabiskan energi untuk mengusir kutu kutu yang ada pada tubuhnya.

Hubungan kedua terjadi secara alami dan uniknya kedua jenis hewan ini mengerti dan saling hidup rukun. Kerbau tidak merasa terganggu dengan burung jalak yang hinggap di punggungnya dan memakan kutu kutu. Burung jalak pun tidak merasa takut dan dengan santainya hinggap di punggung kerbau.
Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah interaksi antar makhluk hidup yang saling menguntungkan dan memang penting untuk dilakukan dan akan sangat rugi ketika tidak terjadi. Hal inilah yang membedakan simbiosis mutualisme dengan simbiosis kooperasi (kooperatif).

Simbiosis kooperatif, sama dengan simbiosis mutualisme, yaitu kedua bela pihak diuntungkan, akan tetapi ada sedikit perbedaan. Perbedaan tersebut adalah, interaksi tersebut boleh tidak terjadi, dan tidak ada kerugian berarti ketika interaksi tersebut tidak dilakukan.

Salah satu contoh simbiosis mutualisme selain contoh diatas adlaah simbiosis antara tumbuhan berbunga dengan lebah madu. Tumbuhan berbunga membutuhkan lebah untuk menyebarkan serbuk sari sehingga terjadi penyerbukan. Selanjutnya, lebah madu membutuhkan nektar yang dihasilkan oleh tumbuhan berbunga untuk membentuk madu dan menjadi sumber makanan mereka. Nektar ini dihasilkan oleh tumbuhan berbunga yang siap untuk melaksanakan penyerbukan.

Simbiosis mutuliasme ini merupakan lawan dari simbiosis parasitisme, dimana dalam simbiosis parasitisme, satu pihak dirugikan dan pihak lain untung.

Ada banyak lagi contoh contoh simbiosis mutualisme antar makhluk hidup yang terjadi di dalam ekosistem, khususnya ekosistem hutan hujan tropis yang berisikan banyak jenis jenis organisme yang berbeda.

Semoga dengan artikel ini, adik adik dapat memahami lebih banyak tentang jenis jenis simbiosis, khususnya simbiosis mutualisme yang terjadi pada hewan dan tumbuhan disekitar kita.
Interaksi manusia dan nyamuk salah satu contoh simbiosis parasitisme. Apa Itu Simbiosis? Berikut Pengertian, 3 Jenis Simbiosis hingga Contohnya.

TRIBUNNEWS.COM – Simak penjelasan mengenai simbiosis, jenis-jenis hingga contohnya dalam artikel ini.

Makhluk hidup saling berinteraksi satu sama lain hingga menimbulkan suatu simbiosis.

Setiap interaksi pun memiliki timbal balik yang bebeda.

Nah, interaksi dua organisme yang berbeda bisa disebut sebagai simbiosis.

Simbiosis secara sederhana bisa diartikan sebagai interaksi atau hubungan antara dua organisme yang berbeda.

Dikutip dari Buku Tematik Kelas 5 Tema 5, hubungan dua makhluk yang berbeda dan sangat erat kaitannya disebut simbiosis.

Terdapat tiga jenis simbiosis, yaitu simbiosis mutualisme, parasitisme, dan komensalisme.
Contoh simbiosis mutualisme yang terjadi antara burung dan banteng. Apa Itu Simbiosis? Berikut Pengertian, 3 Jenis Simbiosis hingga Contohnya. (pixabay.com)

Berikut ini mengenai simbiosis, dilansir Tribunnews.com dari berbagai sumber:

Simbiosis Mutualisme

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mutualisme adalah hubungan timbal balik yang saling menguntungkan antara dua organisme.
Hubungan antarmakhluk hidup. Apa Itu Simbiosis Mutualisme? Berikut Perbedaan Simbiosis Mutualisme, Parasitisme, dan Komensalisme.

TRIBUNNEWS.COM – Berikut ini penjelasan mengenai simbiosis mutualisme, parasitisme, dan komensalisme.

Makhluk hidup saling berinteraksi satu sama lain hingga menimbulkan suatu simbiosis.

Dikutip dari Buku Tematik Kelas 5 Tema 5, terdapat tiga jenis simbiosis, yaitu simbiosis mutualisme, parasitisme, dan komensalisme.

Lantas, apa itu simbiosis mutualisme?

Simbiosis mutualisme adalah hubungan timbal balik yang saling menguntungkan antara dua organisme.

Contohnya, hubungan antara burung jalak dan kerbau.

Kerbau mendapatkan keuntungan karena kutunya berkurang, sedangkan burung jalak mendapatkan makanan.

Baca juga: Sumber Energi Panas: Berikut Pengertian, Contoh, dan Manfaat bagi Makhluk Hidup

Baca juga: Apa Itu Tanam Paksa? Berikut Daerah Dilaksanakan Cultuurstelsel dan Akibat Bagi Rakyat Indonesia

Berikut ini mengenai simbiosis, dilansir Tribunnews.com dari berbagai sumber:

Simbiosis Mutualisme
Contoh simbiosis mutualis yang terjadi antara burung dan banteng. Apa Itu Simbiosis Mutualisme? Berikut Perbedaan Simbiosis Mutualisme, Parasitisme, dan Komensalisme. (pixabay.com)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mutualisme adalah hubungan timbal balik yang saling menguntungkan antara dua organisme.

Burung Jalak hinggap pada tubuh kerbau. Kegiatan berikut menjelaskan adanya simbiosis mutualisme. Alasan dari peristiwa tersebut adalah?

Kerbau mengalami kerugian dengan dipatuk bagian tubuhnya oleh burung jalak, sementara burung jalak mendapatkan keuntungan dengan mendapatkan makanan dari tubuh kerbau.
Kerbau tidak mengalami keuntungan atau kerugian dari kegiatan yang dilakukan oleh burung jalak diatas tubuhnya, sementara burung jalak mendapatkan keuntungan dengan mendapatkan makanan dari tubuh kerbau.
Kerbau mengalami keuntungan dengan dimakannya kutu oleh burung jalak, sementara burung jalak akan mengalami kerugian karena kutu yang tidak termakan di tubuh kerbau akan pindah ke tubuh burung jalak.
Kerbau dan burung jalak sama-sama saling menguntungkan, karena dengan burung jalak hinggap diatas tubuh kerbau dan memakan kutu kerbau akan terbebas dari kutu sementara burung jalak mendapatan makanan.
Semua jawaban benar

Jawaban: D. Kerbau dan burung jalak sama-sama saling menguntungkan, karena dengan burung jalak hinggap diatas tubuh kerbau dan memakan kutu kerbau akan terbebas dari kutu sementara burung jalak mendapatan makanan.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, burung jalak hinggap pada tubuh kerbau. kegiatan berikut menjelaskan adanya simbiosis mutualisme. alasan dari peristiwa tersebut adalah kerbau dan burung jalak sama-sama saling menguntungkan, karena dengan burung jalak hinggap diatas tubuh kerbau dan memakan kutu kerbau akan terbebas dari kutu sementara burung jalak mendapatan makanan..

PEMBAHASAN & JAWABAN

Silahkan baca pembahasan dan jawaban atas pertanyaan Burung jalak yang hinggap di tubuh kerbau merupakan bentuk simbiosis di bawah ini.

Pertanyaan yang belum terjawab akan segera mendapatkan ulasan dan pembahasan dari pengunjung lainnya, atau dari Kelas Blaajar.com.

Anda juga bisa berpartisipasi memberikan tanggapan atau jawaban atas pertanyaan "Burung jalak yang hinggap di tubuh kerbau merupakan bentuk simbiosis" ini.

Jangan takut berbagi meskipun itu masih kurang benar. Di Blaajar.com, kita saling belajar dan memberikan masukan secara bersama-sama.

Dengan turut memberikan jawaban atau tanggapan atas pertanyaan Burung jalak yang hinggap di tubuh kerbau merupakan bentuk simbiosis, kamu telah ikut membantu Linda kumala mendapatkan jawaban yang dibutuhkannya.