Observasi angket dan wawancara termasuk dalam

Teman kita, Linda kumala mengirim pertanyaan baru di Blajar.web.id.

Pertanyaannya adalah: Observasi angket dan wawancara termasuk dalam

Pengisian Kuisioner merupakan Salah Satu Metode Pengumpulan Data Foto: dok Freepik

Persiapan yang matang perlu dilakukan oleh peneliti agar penelitian dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada hambatan berarti. Salah satu hal yang perlu dipersiapkan adalah metode pengumpulan data yang akan digunakan.

Mengutip buku Metode Penelitian oleh Andra Tersiana, pada dasarnya, metode pengumpulan data adalah teknik atau cara yang dilakukan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk penelitian agar tujuan penelitian dapat tercapai.

Penjelasan lebih lengkap mengenai tujuan metode pengumpulan data dan apa saja teknik yang digunakan dapat disimak dalam ulasan di bawah ini.
Apa Tujuan Metode Pengumpulan Data?

Metode pengumpulan data dilakukan guna memudahkan peneliti memperoleh data dan informasi. Data dan informasi tersebut selanjutnya akan digunakan sebagai bahan penelitian.

Mengutip jurnal Analisis Biaya, Pendapatan dan Organoleptik Keripik Apel Menggunakan Minyak Sawit dan Minyak Kelapa di Home Industri Norokismo dan Andhini karya Mahyuha, tujuan yang diungkapkan peneliti melalui hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap pernyataan penelitian.

Jawaban tersebut masih perlu diuji, untuk itulah dibutuhkan pengumpulan data. Dengan demikian, hasil penelitian adalah valid dan dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya.
Metode Apa Saja yang Digunakan untuk Mengumpulkan Data?

Ada 5 metode pengumpulan data yang umum digunakan, yaitu sebagai berikut:
1. Observasi (Pengamatan)

Mengutip buku Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif oleh Mardawani, observasi adalah aktivitas pengamatan terhadap objek di lapangan.

Melalui met0de pengumpulan data observasi, peneliti dapat memperoleh beberapa informasi, seperti tempat (ruang), pelaku, kegiatan, objek, perbuatan, peristiwa, waktu, dan perasaan.

Metode pengumpulan data yang dilakukan secara langsung atau tatap muka dengan melangsungkan tanya jawab langsung antara peneliti dan narasumber. Wawancara dapat dilakukan secara terstruktur maupun tidak terstruktur.

Metode pengumpulan data ini dilakukan dengan cara mengajukan sepaket pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Kuesioner atau angket ini terbagi menjadi angket terbuka dan angket tertutup.

Metode ini dilakukan dengan mengumpulkan data dari buku, artikel ilmiah, berita, dan sumber lain yang kredibel dan dapat dipecaya. Satu hal yang perlu diperhatikan, sumber literatur yang digunakan harus sesuai dengan topik penelitian.

Metode pengumpulan data ini dilakukan dengan meneliti berbagai macam dokumen yang reliabel untuk dijadikan sebagai bahan analisis. Dokumen yang dapat digunakan dalam metode pengumpulan data ini dibedakan menjadi dua yaitu dokumen primer dan dokumen sekunder.

Metode pengumpulan data di atas dapat digunakan secara sendiri-sendiri ataupun juga dengan menggabungkan dua metode pengumpulan data atau lebih. Penentuan metode pengumpulan data dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing peneliti dalam mencapai tujuan penelitian.
Apa Saja Metode Pengumpulan Data Kuantitatif?

Metode pengumpulan data statistik sejatinya disesuaikan dengan jenis penelitian yang dilakukan, apakah kuantitatif atau kualitatif. Apa yang dimaksud dengan metode kuantitatif?

Dijelaskan dalam buku Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif oleh Muhammad Darwin dkk., penelitian kuantitatif dianggap sebagai penelitian yang dapat dijelaskan dengan angka-angka pasti.
Apa Saja Teknik Pengumpulan Data Kualitatif?

Seperti penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif juga memiliki karakteristiknya sendiri. Apa itu teknik kualitatif? Teknik kualitatif digunakan untuk melakukan pengamatan yang mendalam.

Sederhananya, metode kualitatif digunakan untuk menjawab pertanyaan tentang “apa”, “bagaimana”, atau “mengapa”, sedangkan metode kuantitatif menjawab pertanyaan “berapa banyak”.

Pengetahuan mengenai macam-macam metode pengumpulan data dan perbedaan dari masing-masing metode pengumpulan data menjadi bekal bagi Anda yang sedang akan melakukan penelitian untuk keperluan kuliah dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat!

Referensi :
https://yabram.com/de/video-cenzurazatlan-opitz-barbi-enekes-viral-twitter/
https://yabram.com/de/legujabb-opitz-barbi-video-startseite-video-magyarhiresek-opitz-barbi-video/
https://yabram.com/pt/eu__izzagatinha-link-do-video-tudofavelarj-no-vwitter/
https://yabram.com/111-90-l50-182-1111-90-l50-204-bokeh-video-museum-no-sensor/
https://yabram.com/es/actualizacion-el-anillo-roto-este-matrimonio-fracasara-de-todos-modos-capitulo-11-yabram-com/
https://yabram.com/es/actualizacion-sobrevivir-como-una-princesa-ilegitima-capitulo-4/

PEMBAHASAN & JAWABAN

Silahkan baca pembahasan dan jawaban atas pertanyaan Observasi angket dan wawancara termasuk dalam di bawah ini.

Pertanyaan yang belum terjawab akan segera mendapatkan ulasan dan pembahasan dari pengunjung lainnya, atau dari Kelas Blaajar.com.

Anda juga bisa berpartisipasi memberikan tanggapan atau jawaban atas pertanyaan "Observasi angket dan wawancara termasuk dalam" ini.

Jangan takut berbagi meskipun itu masih kurang benar. Di Blaajar.com, kita saling belajar dan memberikan masukan secara bersama-sama.

Dengan turut memberikan jawaban atau tanggapan atas pertanyaan Observasi angket dan wawancara termasuk dalam, kamu telah ikut membantu Linda kumala mendapatkan jawaban yang dibutuhkannya.